Selasa, 20 Oktober 2009

TEKNOLOGI INFORMASI

TEKNOLOGI INFORMASI (TI) adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan, dan menyebarkan informasi.Contoh TI bukan hanya berupa komputer tetapi juga teknologi lainnya semisal TV, telepon, peralatan rumah tangga dsb.
DATA terdiri dari fakta-fakta dan gambar mentahan yang akan diproses menjadi bentuk informasi,misalnya suara untuk kandidat pemilu yang berbeda-beda.
INFORMASI adalah data yang telah dirangkum atau dimanipulasi dalam bentuk lain agar dapat lebih jelas dan dimengerti untuk tujuan pengambilan keputusan,misalnya jumlah suara dalam penentuan pemenang pemilu.
KOMPUTER adalah mesin yang bisa deprogram dan memiliki beragam fungsi untuk menerima data lalu memproses atau mengubahnya ke dalam bentuk informasi yang bisa kita manfaatkan semisal laporan, bentuk ringkasan, jumlah total (dalam penghitungan), dsb.Tujuan Penggunaan Komputer adalah memecahkan masalah secara lebih cepat dan efisien agar produktivitas bisa meningkat.
TEKNOLOGI KOMUNIKASI merupakan teknologi yang terdiri dari sistem dan peralatan elektromagnetik untuk berkomunikasi atau berhubungan jarak jauh.Contohnya telepon, radio, televisi, internet, e-learning (pembelajaran jarak jauh), dsb.
KOMPUTER SEKARANG TERBAGI ATAS 5 MACAM JENIS DAN UKURAN :
1.SUPERKOMPUTER adalah mesin komputer berkemampuan tinggi berisi ribuan prosesor dan mampu mengerjakan lebih dari beberapa triliun perhitungan dalam setiap detik.Jenis komputer ini termahal dan tercepat untuk saat ini dengan kisaran mulai dari 1juta sampai 350 juta US$.Contoh pemanfaatannya untuk penghitungan sensus penduduk Amerika Serikat, peramalan cuaca, mendesain pesawat, memodelkan molekul, memecahkan kode enkripsi, dsb.
2.MAINFRAME adalah komputer berpendingin air atau udara, harganya berkisar 5ribu sampai 5juta US$ bervariasi ukuran kecil, sedang, besar.Jenis ini masih ada dan digunakan sampai akhir tahun 1960-an yang digunakan oleh organisasi besar semisal bank untuk transaksi yang banyak dan besar.
3.MIKROKOMPUTER adalah komputer untuk pribadi atau perseorangan yang sering disebut PC(Personal Computer) sehingga dapat dipasang diatas meja maupun di jinjing.Ragam jenis ini:PC Desktop, PC Tower, Laptop atau Notebook dan PDA (berupa piranti genggam atau palmtop).
4.MIKROKONTROLER disebut juga Embedded Computer adalah mikrokomputer yang sangat kecil dan mampu mengerjakan tugas tertentu serta biasa terpasang di mobil dan berbagai peralatan “Cerdas”.Penggunaan jenis ini semisal di oven microwave untuk menyimpan data lamanya masak dan pengaturan panas listrik, di alat elektronik semisal kamera digital, pemutar MP3, di alat kesehatan untuk monitor tekanan darah, sensor kantung udara, sensor minyak, dsb.
5.SERVER (Server Jaringan) adalah komputer sentral atau pusat yang menangani kumpulan data (database) dan program untuk menghubungkan dan memberi layanan ke PC atau workstation (computer clien) dalam suatu jaringan komputer.

2 komentar:

  1. Kalo merk komputer Apple, Solaris, OS2, Macintos termasuk kategori yg mana pa...

    BalasHapus
  2. Masing2 pabrikan tersebut ada yg mengeluarkan PC desktop dan jg laptop,jd tergantung tipe yg dikeluarkan o/msg2,ttp sebagian bsr msk mikrokomputer.

    BalasHapus