Rabu, 21 Oktober 2009

PERANGKAT KERAS KOMPUTER

PERANGKAT KERAS KOMPUTER,Secara fungsional Perangkat keras komputer dibedakan menjadi empat macam perangkat (devices), yaitu :
– Perangkat masukan (input devices),
– Perangkat proses (process devices),
– Perangkat keluaran (output devices), dan
– Perangkat penyimpan (memory/storage devices).

I.Perangkat input (masukan) merupakan peralatan yang dapat digunakan untuk menerima data yang akan diolah kedalam komputer. Perangkat ini yang digunakan oleh pengguna untuk melakukan interaksi dengan komputer agar komputer melaksanakan perintah yang diberikan oleh penggunanya. Prinsip kerja yang dilakukan perangkat input adalah merubah perintah yang dapat difahami oleh manusia kepada bentuk yang difahami oleh komputer (machine readable form), ini berarti mengubahkan perintah dalam bentuk yang difahami oleh manusia kepada data yang dimengerti oleh komputer yaitu dengan kode-kode biner (binary encoded information).
Perangkat input dapat digolongkan menjadi dua golongan, yaitu perangkat input langsung dan perangkat input tidak langsung.
1.Perangkat input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh CPU, tanpa melalui media lain. Contoh perangkat input langsung adalah keyboard, mouse, joystic, scanner, card reader, MICR (magnetic ink character recognition), touch screen, light pen, sistem sistem(microfon), UPC(universal product code), financial transaction terminal, mouse, digitizer graphics tablet, teleprinter terminal, point of sale terminal, visual display terminal, pointing device, optical data reader, sensor, digitizing camera, key to card, key to tape, key to disk.
2.Perangkat input tidak langsung yaitu input yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media yang berbentuk simpanan luar (external memory), contohnya pita magnetic (magenetik tape), disk magnetic (magnetic disk), atau kartu plong (punch card).
II.Perangkat output(keluaran) merupakan perangkat yang dipakai untuk menampilkan hasil proses. Contohnya seperti layar monitor, printer, plotter, display card dan speaker. Perangkat Output atau perangkat keluaran merupakan perangkat yang terdiri daripada alat-alat yang menterjemahkan perintah yang telah diproses oleh komputer ke dalam bentuk yang telah dimengerti oleh manusia.
Terdapat 2 jenis perangkat output yang utama yaitu bersifat Softcopy misalnya monitor dan audio, dan Hardcopy misalnya printer, plotter.
III.Perangkat pengolah atau pemroses data dalam komputer adalah prosesor (processor) atau lengkapnya adalah mikroprosesor (microprocessor), namun umumnya pengguna komputer menyebutnya sebagai CPU (Central Processor Unit).
Tugas CPU adalah melaksanakan dan mengawal keseluruhan operasi komputer sehingga bisa dikatakan hampir keseluruhan pemikiran dilaksanakan di sini CPU merupakan “otak” bagi sebuah sistem komputer.
CPU memiliki 3 komponen utama yang merupakan bagian tugas utamanya yaitu :
– unit kendali (Control Unit /CU),
– Unit Aritmatika dan,
– Logika (Aritmatic and Logic Unit /ALU).
Motherboard atau papan induk merupakan perangkat yang paling utama terdapat pada susunan komputer, ini dikarenakan sebagai tempat bergantungnya semua komponen dalam komputer. Komponen-komponen yang ada didalamnya seperti microprocessor, Coprocessor (optional), cipset , memori, Basic Input-Output System (BIOS), Expansion Slots (untuk hard disk, cd-rom, video card, dan lainnya), serta sirkuit-sirkuit yang terkoneksi didalamnya.

IV.Perangkat penyimpan (memory device) atau sering disebut memori (memory) saja merupakan perangkat yang digunakan untuk melakukan penyimpanan data dalam komputer.
Berdasarkan letakknya memori komputer dibedakan menjadi dua yaitu memori yang letaknya didalam (Internal memory) dan memori yang letaknya diluar (external memory).
Sedangkan berdasarkan kekekalannya penyimpanan dibedaka menjadi penyimpanan sementara (temporary memory) dan penyimpanan tetap (permanent memory).
• Internal memori adalah memori yang letaknya ada pada perangkat motherboard. Data yang akan diproses ataupun hasil pemrosesan komputer, disimpan didalam internal memori. Selain itu, internal memori juga digunakan untuk menyimpan program yang digunakan untuk memproses data. Internal memori terdiri atas ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Access Memory).
• Eksternal memori adalah memori yang tidak berhubungan langsung dengan motherboard, disebut eksternal karena biasanya letaknya tidak terhubung langsung dengan motherboard bahkan ada yang diluar casing (box) CPU. Eksternal memori selain memiliki sifat penyimpanan yang permanen (non-vilatile) biasanya juga memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Yang termasuk dalam kategori eksternal momori adalah floppy disk, harddisk, optical disk, CD-ROM, flash memory, tape drive, zip disk, dan lain-lain.
MUTIMEDIA=Merupakan perangkat yang biasanya digunakan untuk akses data gambar, suara (audio) dan video, games, pengolah foto digital, dan lainnya. Contoh Software ini misalnya MP3, MIDI, WAV, teleconference, chatting, video-drive, radio internet, berbagai macam games, dan lain sebagainya. syarat komputer multimedia, biasanya memiliki tambahan perangkat seperti : sound card, graphic card, speaker, microphone dan software (Program Aplikasi) yang mendukung untuk melakukan akses multimedia tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar