Senin, 02 November 2009

Generasi Bahasa Pemrograman


Kemudahan dalam memanfaatkan komputer saat ini merupakan hasil jerih payah para programmer yang telah membuat program sesuai dengan perkembangan teknologi hardware dan seiringnya jaman.Bahasa Pemrograman atau sering disebut juga Bahasa Komputer merupakan suatu set aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan suatu intruksi kepada komputer untuk memerintahkan jenis langkah yang akan diambil dalam berbagai situasi.Perkembangan Generasi Bahasa Pemrograman sampai saat ini terbagi menjadi 5 generasi, yaitu :
1.First-Generation Language (1GL) atau Bahasa Generasi 1 adalah bahasa mesin atau level instruksi dan data yang memerintahkan hardware komputer agar dapat bekerja dengan menggunakan kode-kode biner (binary digit) terdiri dari angka 0 dan angka 1.
2.Second-Generation Language (2GL) atau Bahasa Generasi 2 adalah bahasa pemrograman assembler atau bahasa assembly yang sudah mengubah pernyataan dengan memasukkan unsur bahasa dalam instruksinya meskipun singkat sehingga lebih mudah dibanding bahasa mesin.
3.Third-Generation Language (3GL) atau Bahasa Generasi 3 adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi dengan memasukkan unsur kata yang dapat dimengerti karena pemrosesan program oleh komputer melalui tahap-tahap berikut :
a.Tahap 1: Compilation (Compiler) yaitu suatu perangkat lunak yang berfungsi menterjemahkan bahasa pemrograman tingkat tinggi menjadi bahasa mesin oleh Compiler karena sebenarnya komputer hanya dapat mengerti bahasa mesin saja.
b.Tahap 2 : Link yaitu berfungsi untuk menghubungkan program yang telah diubah ke bahasa mesin tadi dengan fungsi pustaka dan informasi tentang karakteristik mesin komputer yang digunakan.
c.Tahap 3 : Execution yaitu tahapan dimana program akan diproses mesin sehingga menghasilkan keluaran yang dikehendaki oleh programmer.
4.Fourth-Generation Language (4GL) adalah bahasa pemrograman yang telah didesain lebih “natural”,sehingga makin mudah digunakan karena sudah mendekati bahasa percakapan sehari-hari dan sudah dapat untuk mengakses database. Contoh : LIST NAMA, ALAMAT, NILAI FOR NILAI > 7
5.Fifth-Generation Language (5GL) adalah bahasa pemrograman yang menggunakan interface pengembangan visual atau grafik untuk membuat bahasa sumbernya yang biasanya di-compile dengan compiler 3GL atau 4GL yang sudah berorientasi pada objek oriented (Pemrograman Berbasis Objek).
Contoh:Pembuatan tampilan Web dengan PHP yang berisikan HTML(HyperText Markup Language)dan program lainnya.
Klik Link Berikut Cara Mudah Membuat Tampilan Web maupun Blog melalui Website berikut : http://www.RahasiaWebsitePemula.com/?id=julizal

2 komentar:

  1. pak saya ingin tanya tentang rahasia web pemula apakah sudah bapak sudah mendapatkan komisi dari web replika bapak ??
    trims.

    BalasHapus
  2. numpang promo ya pak http://www.saldoku.com/?id=onta

    BalasHapus